Rabu, 07 Februari 2018

KIM belajar VLog session 1

SHARE
Klasik, Rabu 6 Februari 2018

Mengawalai tahun 2018 Diskominfo kembali mengundang Kelompok Informasi Masyarakat se Kota Surabaya untuk bersama-sama belajar VLog (Video Blog) dengan mendatangkan narasumber Fitrah Photography.

Selasa, 6 Februari 2018 di ruang ATCS Gedung Pemkot Kota Surabaya dipenuhi oleh sekitar 82 orang Pegiat KIM yang antusias untuk mengikuti pembinaan pembuatan VLog yang zaman now ini sedang ngetrend.
Apa sih VLog itu ??? hingga bisa menarik minat banyak orang untuk mau hadir dan mempelajarinya.
VLog adalah  sebuah video dokumentasi jurnalistik yang berada didalam web atau blogspot yang berisi tentang berita, opini, pikiran, ketertarikan dan sebagainya. Jadi semacam siaran TV yang kita buat sendiri dengan cara mudah dan perlengkapan sederhana, ya bisa dibilang versi TV sederhana.
Tapi jangan kira bikin VLog itu gampang yah, meskipun gak seribet program TV namun ada beberapa kemampuan dan perlengkapan yang harus kita siapkan, itulah sebabnya pembinaan ini tidak bisa dilakukan hanya sehari atau satu sessi aja dan rencananya nanti Diskominfo dengan KIMnya akan melaksanakan session kedua beserta workshop dan event lomba VLog.
Acara yang dimulai sejak pukul 09.00 pagi sampai dengan pukul 12.00 siang itu tak membuat seorang pesertapun bergeming untuk meninggalkan tempat, bahkan semakin semangat untuk terus mengikuti tatkala Fitrah (narsum-pemateri) menyampaikan bahwa dirinya dan beberapa orang di Surabaya yang pernah ngeVLog pernah mendapatkan bonus dollar yang bisa diambil/dicairkan dalam bentuk rupiah yang bila dikurskan senilai puluhan juta rupiah, woow ...emeziiing cak ... !!!

BAGAIMANA CARA MEMULAINYA ?

Agar bisa menjadi seorang VLogger, caranya tidaklah rumit yang penting ada kemauan dan sedikit kemampuan tentang editing video. Bahkan pada pelatihan kali ini hanya dengan menggunakan smartphone seseorang sudah bisa menjadi VLogger, agar hasilnya lebih baik dan menarik maka pelajari cara editing video dan bila ingin lebih serius mau terjun kedunia ini bisa melengkapi dengan peralatan lain yang spesifikasinya lebih bagus untuk menghasilkan video yang berkualitas.

Peralatan lain yang dimaksud misalnya aplikasi editing video yang profesional (bisa di download melalui playstore dan berbayar, tapi murah kok), juga menggunakan mini tripod/tongsis yang banyak dijual murah dan external microphone untuk hasil suara yang lebih bagus.
"Bisa juga menggunakan headset/handfree yang murah dan potong dua speaker head yg nempel ditelinga hingga cuma mic-nya aja yg dipakai untuk record suara kita maka hasil suaranya bisa woow lumayan bagus" ujar Fitrah.

Diakhir penyampaian materi, Fitrah mendorong dan menyemangati Pegiat KIM Surabaya untuk mencoba memulai membuat VLog serta berharap pada pertemuan berikutnya semua sudah membuatnya.
Semoga dengan memberitakan konten lokal melalui VLog menjadikan pembangunan Surabaya yang lebih baik.

Wassalam .... (Top-Klasik)


SHARE

Author: verified_user

0 komentar: