Rabu, 26 November 2014

Mudahkan Pelayanan, BPJSK Luncurkan E-Klaim dan Kios-K

SHARE


Jangkauan pelayanan Badan Palayanan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSK) semakin jauh lebih luas, seperti pada hari ini Jum'at 8 Agustus 2014 Cabang Salemba dilaksanaka launching E-Klaim dan Kios-K (informasi elektronik) untuk segala kemudahaan dalam pelayanan.

Direktur pelayanan dan pengaduan TI BPJSK, Achmad Riadi menjelaskan bahwa hari ini saya memberikan simulasi di Salemba, kantor percontohan. Pelayanan JHT yang kita simulasikan ternyata selesai dalam waktu 25 menit untuk satu orang. Nah, mulai tahun 2014, pelayanan pengambilan JHT tak boleh lebih dari 30 menit.

Dengan di luncurkannya Kios K agar lebih simple dan lebih mudah juga untuk mempersingkat waktu dan menghindari antrian," ujar Achmad dalam acara launcing "30 Menit Klaim JHT Cair" dan "Kios K (Informasi Elektronik)" yang pertama di Indonesia untuk BPJSK, di kantor Salemba Jakarta, Jum'at (8/8)..

"Setelah semua mendaftar atau registrasi melalui website, dan Program kami yang terbaru E-kliem juga bisa langsung mengklaim via website juga setelah itu tinggal datang serahkan berkas dengan jalur khusus juga untuk itu tadi menghindari antrian," tuturnya

Lebih lanjut Achmad mengatakan, bahwa program penempatan Kios K ini akan disosialisasikan di tempat-tempat umum seperti stasiun Kereta Api (KA), Bandara dan tempat-tempat strategis untuk mempermudah informasi tentang BPJSK.

Dalam kesempatan yang sama M. Akip Kepala BPJSK Cabang Salemba, menambahkan, Dalam hal pelayanan, kami juga sangat memperhatikan kenyamanan ruangan dan kami sediakan tea/coffie break untuk kenyamanan dalam menunggu untuk semua yang membutuhkan pelayanan kami.

"UU BPJS Nomor 24/2011 telah mengamanahkan seluruh pekerja Formal dan Informal harus terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, dan untuk menikmati kemudahan dalam layanan "30 menit Klaim JHT langsung Cair" segalanya akan mudah," ujar Akip.

Hal senada disampaikan Senior Vice President BPJSTK Afdiwar Anwar bahwa, Pelayanan ini sebagai, pilot project-nya adalah di Salemba, Jakarta Pusat. Di Salemba itu, ketika kita melakukan uji waktu, ada jalur yang namanya test track. Ada lajur yang namanya Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Hari Tua (JHT). Misalnya jalur test track itu berkas itu cukup dikirim melalui e-mail, cukup e-mail. Begitu dia sudah melengkapi data, dia tinggal datang ke kita, ambil nomor, nanti dicek oleh petugas kita." Ujarnya.

"Pokoknya sejak BPJS Ketenagakerjaan berlaku sejak 1 Januari 2014, kami sudah berjanji, sejak saat itu memberikan pelayanan kepada semua pesertanya paling lambat 30 menit. Tak perlu tunggu lama-lama lagi kepada semua orang yang berurusan dengan BPJS Ketenagakerjaan nanti. BPJS Ketenagakerjaan akan melakukan semua pelayanan secara elektronik, seperti registrasi, mengajukan klaim, dan sebagainya. Karena pelayanan seperti inilah maka BPJS Ketenagakerjaan nanti disebut BPJS berkelas dunia.

Sebagai informasi bahwa Selama ini PT Jamsostek menyelenggarakan empat jenis program yakni JHT, JKK, JK, dan jaminan pemeliharaan kesehatan. Namun, sesuai dengan amanat UU 40/2000 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), sejak 1 Januari 2014 jaminan pemeliharaan kesehatan akan beralih kepada BPJS Kesehatan. Jadi BPJS Ketenagakerjaan hanya menyelenggarakan program JHT, JKK dan JK dan Jaminan Pensiun (JP) sejak 1 Juli 2015.

Mau cek saldo Jaminan Hari Tua (JHT) Anda bulan ini? Install aplikasi BPJSTK Mobile di smartphone Anda, download aplikasinya dari BlackBerry World (BB), atau App Store (Iphone), atau PlayStore (smartphone Android). Masyarakat juga bisa mengunjungi website www.bpjsketenagakerjaan.go.iduntuk info lebih detail.
SHARE

Author: verified_user

0 komentar: