Senin, 28 April 2014

Berjalan dan Tak Merangkak Lagi

SHARE

Setelah mengikuti pelatihan menjahit yang diselenggarakan oleh Kelurahan dan Badan Pemberdayaan Masyarakat (BAPEMAS), Ibu Zulfan seorang ibu rumah tangga yang tinggal diwilayah kelurahan Klampisngasem Sukolilo Surabaya sudah mampu menerima order jahitan dari tetangga kanan kirinya. Mulai dari memasang bed sekolah, mengganti resleting celana hingga menjahit pakaian dapat dia kerjakan.

Namun demikian usaha yang dilakukannya ini masih belum bisa membantu mencukupi kebutuhan rumah tangganya, dikarenakan sebagian besar hasil ongkos jahitan yang didapat digunakan untuk mengangsur mesin jahit yang diperoleh dari seseorang.



Setelah mendapatkan informasi dan penjelasan dari Pengurus Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) tentang keberadaan “KOPERASI AN’NISA”  yang sudah berdiri di Kelurahan Klampisngasem, segera ibu Zulfan mengajukan diri menjadi anggota Koperasi tersebut.

Begitu terdaftar sebagai anggota Koperasi maka Ibu Zulfan berhak memperoleh pinjaman modal usaha,  yang digunakannya untuk membeli mesin jahit baru, membeli perlengkapan menjahit, beberapa meter kain dan melunasi sisa hutangnya.
Keterlibatan dalam Koperasi dan kegiatan UMKM menjadikan usaha jahitannya makin maju, sehingga kini usaha tersebut dapat membantu mencukupi kebutuhan rumah tangganya.

“Alhamdulillah kini usaha saya sudah dapat berjalan dan tidak merangkak seperti dulu” demikian kata sang ibu dengan senyum manisnya.

Berikut beberapa contoh hasil usaha UMKM tersebut :
 
Aneka motif Sarung bantal kursi

Baju Santai / Daster


Begitu pentingnya peran Koperasi terhadap perkembangan UMKM, sehingga sudah menjadi kewajiban peran KIM dalam melakukan tugas dan fungsinya.




SHARE

Author: verified_user

1 komentar:

  1. Selamat para Juara KIM dalam Lomba LCCK Surabaya 2014,Dan KIM Ampel sudah menjadi Juara 1 LCCK Kota Surabaya 2014, ...tapi koq ada yang janggal ya...posting artikel/berita KIM Ampel yang dinilai Juri dan diharuskan untuk diposting/upload pada saat Lomba Minggu 27 April 2014, koq kayaknya sudah diposting tanggal 26 April 2014, Gimana tuh...

    BalasHapus