Minggu, 23 Maret 2014

PEMKOT SURABAYA LAUNCHING 5 BLC BARU

SHARE

Untuk mewujudkan Surabaya Cyber City Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia telah melaunching 5 lokasi BLC yang peluncuranya dipusatkan di Rusun Grudo Surabaya Kamis ( 13/2 ).         
Dalam launching tersebut, Walikota Surabaya, Tri Rismaharini didampingi Wakil Walikota Wisnu Sakti Buana, bersama Kadis Kominfo Kota Surabaya, Ir.Antiek Sugiharti, M.Si serta Eksekutif General Manager Telkom Divisi Timur, Iskriyono meresmikan lima BLC baru yang dipusatkan di Rumah Susun Grudo.
Dalam sambutannya Walikota Surabaya mengatakan “Terima kasih kepada PT Telkom. Mudah-mudahan bantuan ini tidak berhenti di sini,” Tantangan warga Kota Surabaya ke depan akan semakin berat dan harus lebih bisa bersaing di tingkat internasional untuk menghadapi era ASEAN Free Trade Area (AFTA) yang akan diberlakukan tahun 2015 mendatang.
Karena itu, Walikota  meminta agar warga Surabaya tidak gaptek, Walikota  berharap akan ada lebih banyak lagi BLC di Kota Pahlawan.“Kita masih membutuhkan BLC lebih banyak lagi agar warga Surabaya siap berkompetisi dengan negara-negara ASEAN. Pokoknya jangan sampai tertinggal,” harap walikota.

Sementara itu Kadis Kominfo Kota Surabaya, Ir.Antiek Sugiharti, M.Si dalam sambutannya mengatakan, kelima BLC baru tersebut masing – masing dilengkapi dengan fasilitas 10 komputer dan jaringannya, AC, beserta sarana dan prasarana lainnya.. “Sekarang ini kami mencari lokasi lainnya. Jadi kalau PT Telkom mau memberi bantuan hibah lagi, kami sudah siap,” ujarnya

Di sela – sela peresmian BLC, Walikota Risma bersama Wawali dan Kadis Kominfo, melakukan video conference dengan 5 BLC  di BLC Wiyung, BLC Gunung Anyar, BLC Wonorejo dan BLC Rusun Tanah Merah 2. Dalam Video converence tersebut Walikota Surabaya berdialog dengan peserta pelatihan dari kelompok UKM yang ada di sekitar Rusun Grudo untuk belajar bagaimana caranya mempromosikan produk UKM mereka secara online
Penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemerintah Kota Surabaya dengan PT Telkom Divre V Jawa Timur yang ditandatangani oleh Walikota Surabaya dan Executive General Manager PT. Tekom Divre V Jawa Timur dan  diresmikan oleh Walikota Surabaya tersebut menghasilkan kesepakatan bersama dalam pengelolaan 5 ( lima ) lokasi BLC baru di Kota Surabaya yaitu :
1. BLC Rusun Grudo
2. BLC  Rusun Tanah Merah 2
3. BLC Kecamatan Wiyung
4. BLC Kecamatan Gunung Anyar.
5. BLC Eks  Kelurahan Medokan Ayu yang untuk sementara ditempatkan di Kelurahan Wonorejo Rungkut karena Eks Kelurahan Medokan Ayu masih direnovasi
Kelima lokasi BLC tersebut masing – masing dilengkapi dengan 10 set computer, 10 set meja dan kursi, LCD Projector, Layar  , AC dan perangkat lainya. Tahun sebelumnya Pemerintah Kota Surabaya bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia telah membangun 6 lokasi BLC antara lain :
1.  BLC Taman Prestasi,
2.  BLC Taman Flora Manyar
3.  BLC Rusun Penjaringasari,
4.  BLC Rusun Tanah Merah 1
5.  BLC Rusun Urip Sumoharjo,
6.  BLC Kelurahan Made

Hingga saat ini sudah ada 11 lokasi BLC yang ada di Kota Surabaya. Dengan semakin banyaknya BLC di Surabaya. Diharapkan Surabaya mampu menjadi barometer percontohan nasional dalam pengembangan teknologi informasi  bagi masyarakat yang  bisa dinikmati oleh warga Surabaya secara gratis. 
Pembangunan dan pengelolaan BLC adalah untuk memberikan pelatihan SDM agar siap pakai dalam memanfaatkan Teknologi Informasi serta untuk mensukseskan program melek IT bagi warga Kota Surabaya khususnya anak usia sekolah mulai dari TK, SD,SMA, Mahasiswa, pelaku UKM dan  masyarakat umum lainnya.
Bagi warga kota Surabaya yang ingin mengikuti pelatihan internet BLC bisa datang langsung ke BLC terdekat yang dibuka mulai pk. 08.00 s/d 16.00 Wib dan bisa diakses secara garatis
SHARE

Author: verified_user

0 komentar: